LEGOWO

 

“Aku masih belum beruntung namun tinggi harapanku. Berbahagialah engkau bersama pangeran syurgamu. Restuku bersamamu wahai adikku tanpa syarat apapapun. Barokallah!!”

—————-

Tiada hal lain lebih baik bagi dua orang yang saling mencintai selain pernikahan. Tiada hukum dalam islam bilamana adik perempuan tidak lebih dulu menikah daripada kakak perempuannya. Sebagai seorang muslim yang percaya akan qodho dan qodar Allah, yakinlah jika Allah berkehendak , Allah pun akan memberikan hal serupa.

Dalam kenyataannya, masih banyak yang beranggapan ‘pamali’ (bahasa sunda) mungkin maksudnya terlarang, maaf jika keliru saya tidak begitu faham istilah ini. Kekhawatiran jodoh sang kakak terutama kakak perempuan akan terlambatlah, jadi perawan tualah. Prasangka yang terkadang berbuah menjadi nyata. Ujung-ujungnya sebuah opini baru muncul ‘pamali’. Saya sedikit meluruskan Allah sesuai dengan prasangka umatnya, maka dari itu kita sebagai muslim diperintahkan untuk selalu berprasangka baik kepada Allah.

Dalam perkara ini, adakah yang pernah menjumpai beberapa permasalahan seperti sang kakak tetap teguh dengan pendiriannya menghalangi adik-adiknya menikah sebelum dia sendiri menikah apapun alasannya. adapula permasalahan pada adiknya sendiri yang tetap teguh untuk tidak menikah sebelum kakaknya lebih dulu apapun alasannya meskipun sang kakak sudah merelakannya. Keteguhan hanyalah untuk memegang tali agama Allah. Jika alasan keteguhan diri karena egoisme sungguh bukanlah hal yang baik.

Pandangan orang sekitar terkadang bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit hati, dimana merasa tidak lakulah, minderlah, tidak pantaslah yang pada akhirnya jodoh tak kunjung datang kemudian parahnya menjadi depresi. Na’udzubillahimindzalik. Berdo’alah jika Allah berkehendak akan diberikan pada waktu, cara, tempat yang terbaik. Cinta sejati selalu saja akan menemukan jalan kebetulan yang mempertemukan dan mempersatukan dua hati. Hanya perlu keyakinan dan penerimaan yang tulus.

Bagi yang ngotot, maksa, teguh dengan keegoisannya saya sarankan legowolah/berbesar hatilah. Pasrahkan semuanya pada Allah, keikhlasan dan kesabaran akan berbuah manis. Fokuslah dengan senantiasa memperbaiki diri bukan malah merusak diri. Banyak hal yang bisa dilakukan, bukankah tujuan penciptaan manusia untuk beribadah kepada Allah. Menikah itu ibadah, tapi kesendirian pun bisa jadi ibadah selama terus dilandasi ketaatan padaNYA, tidak melanggar rambu-rambu agama. Perbanyaklah saum sunah sebagai perisai diri, cukuplah Allah tempat sandaran terbaik. “Ya Allah Ya Tuhan kami, berikanlah keimanan yang benar dan keyakinan yang tidak kufur sesudahnya dan curahkanlah kepada kami rahmat untuk mendapatkan kemuliaan kebesaran-Mu di dunia maupun di akhirat.” Amin Ya Allah Ya Robbal Alamin.

Listening

Soultan Nasheed – Misteri Hidup

Hidup ini sebuah misteri
Semua kehendak Ilahi
Kadang suka, kadang duka
Menyelimuti hidup ini

Hanya Tuhan yang tahu semua
Kita hanya jalankan saja
Berusaha dan berdoa
Mohon rahmat-Nya dan ridho-Nya

Reff:
Tuhan bimbing kami di jalan-Mu
Agar tak lepas dari pelukan-Mu
Kami hanyalah manusia lemah
Yang tak pernah luput dari dosa

Tuhan,beri kami kekuatan
Untuk pecahkan misteri hidup
Kami hanya berserah pada-Mu
Dari segala dosa dan noda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s